RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : Mts Al-Fadliliyah
Kelas/
Semester : VIII/ Genap
Mata
Pelajaran : Ipa Terpadu
Alokasi
Waktu : 20 menit
I.
Standar
Kompetensi
Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
II.
Kompetensi
Dasar
Melakukan
percobaan yang berkaitan dengan tekanan udara dalam kehidupan sehari-hari.
III.
Tujuan
pembelajaran :
1. Melalui
penjelasan oleh guru, peserta didik mampu menjelaskan pengertian tekanan.
2. Melalui
demonstrasi yang dilakukan oleh guru, peserta didik mampu menyelidiki proses
tekanan di udara.
IV.
Materi
Pembelajaran
Tekanan
adalah gaya yang bekerja pada permukaan benda tiap satuan luasnya. Dirumuskan
dengan :
Dengan
: P = tekanan (N/m2)
F = gaya tekan (N)
A = luas bidang tekan (m2).
Konsep tekanan
identik dengan gaya, gaya selalu menyertai pengertian tekanan. Tekanan yang
besar dihasilkan dari gaya yang besar pula, sebaliknya tekanan yang kecil
dihasilkan dari gaya yang kecil. Dari pernyataan di atas dapat dikatakan bahwa
tekanan sebanding dengan gaya.
Tekanan pada
udara dipengaruhi oleh ketinggian. Semakin dekat ke permukaan bumi, tekanan udara
semakin tinggi dan semakin jauh dari permukaan bumi tekanan udara semakin
kecil. Tekanan udara muncul sebagai akibat berat partikel udara yang tertarik
oleh gaya gravitasi bumi. Jika gaya tarik terhadap partikel hilang, maka
partikel udara akan terbang ke luar angkas dan bumi tak memiliki atmosfer. Alat
yang digunakan untuk mengukur tekanan udara adalah barometer.
Tubuh kita
mengalami tekanan udara. Akan tetapi, kita tidak merasakanya. Hal ini karena
tekanan udara yang mengenai tubuh kita diimbangi oleh tekanan darah dalam tubuh
kita. Bahkan tekanan darah dalam tubuh kita sedikit lebih besar dari tekanan
udara.
V.
Strategi
Pembelajaran
Pendekatan
: Induktif
Model : Direct
Instruction (DI)
Metode
: Ceramah, tanya jawab,
eksperimen, dan penugasan.
VI.
Kegiatan
Pembelajaran
Tahapan
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Life
skill/ karakter/ interpreneur yang dikembangkan
|
Pendahuluan
|
a.
Orientasi
§ Guru mengucapkan
salam dan mengabsen siswa yang tidak
hadir (Religius).
§ Guru menyuruh salah
seorang siswa untuk memimpin doa sebelum belajar dimulai ( Religius, Tanggung jawab)
§ Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa setelah
melakukan pembelajaran dan siswa mendengarkanya (Rasa hormat, menghargai).
b.
Apresiasi
§ Guru
bertanya kepada siswa “apa yang dimaksud dengan tekanan? ”
c. Motivasi
Guru
membawa 2 lembar kertas.
“Mengapa pisau yang tajam lebih mudah memotong dari
pada pisau yang tumpul?
|
3 menit
|
Religius,
tanggung jawab, rasa hormat, kesadaran diri, rasa ingin tahu, uji diri dan
potensi diri.
|
Kegiatan
Inti
|
a.
Eksplorasi
§ Guru
bersama siswa melakukan persiapan untuk melakukan percobaan(Kerja sama, Tanggung jawab).
§ Guru
melibatkan siswa dalam melakukan kegiatan percobaan (Aktif, eksistensi diri, ketelitian)
§ Guru
meminta siswa agar memberika
pendapatnya tentang percobaan yang
telah dilakukan (berfikir kritis,
menyumbang ide ,percaya dir, displin, menghargai pendapat orang lain).
§ Guru
menanggapi pendapat peserta didik dan memberi informasi/ menjelaskan konsep
tekanan di udara(Rasa hormat,
perhatian).
b.
Elaborasi
§ Guru
memberikan soal evaluasi kepada siswa berdasarkan hasil demonstrasi yang
telah dilaksanakan(percaya diri,
disiplin, menyumbang ide).
§ Guru
menanggapi jawaban peserta didik dan memberi informasi yang sebenarnya (berfikir kritis, menyumbang ide,
menghargai pendapat orang lain).
c.
Konfirmasi
§ Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompentensi dasar.
§ Berfungsi
sebagai fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi
kesulitan,membantu menyelesaikan masalah.
§ Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
§ Memberi
motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisifasi secara aktif.
|
14 menit
|
kerja
sama, tanggung jawab, aktif, eksistensi diri, ketelitian, berfikir kritis,
menyumbang ide ,percaya diri, displin, menghargai pendapat orang lain, rasa
hormat, perhatian,percaya diri.
|
Penutup
|
§ Bersama-sama
peserta didik membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
§ Memberikan
penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
terpogram.
§ Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling.
§ Guru
mengintruksikan agar siswa membaca buku untuk materi yang akan datang.
§ Mengucapkan
salam dan berdoa kemudian meninggalkan kelas.
|
3 menit
|
Religius,
berpikir, kreatif.
|
VII.
Media
dan Sumber Belajar
1. Alat
dan bahan : Spidol, penghapus papan tulis, perlengkapan praktikum.
2. Media
pembelajaran : papan tulis,model charta.
3.
Sumber belajar : Buku FISIKA, Budi
Purwanto ,2003 ; Solo : Tiga Serangkai, LKS dan sumber lain yang relevan.
VIII.
Prosedur
praktikum
Lembar
prosedur praktikum terlampir.
KISI-KISI
SOAL
No
|
Indikator
pencapaian
kompetensi
|
Ringkasan materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk Instrumen
|
Teknik
Penilaian
|
Instrumen/
Soal
|
Kunci
jawaban
|
Skor
|
1
|
Menyellidiki
tekanan pada udara serta penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tekanan
adalah gaya yang bekerja pada permukaan benda tiap satuan luasnya. Dirumuskan
dengan :
Dengan
: P = tekanan (N/m2)
F = gaya tekan (N)
A
=
luas bidang tekan (m2).
Konsep
tekanan identik dengan gaya, gaya selalu menyertai pengertian tekanan.
Tekanan yang besar dihasilkan dari gaya yang besar pula, sebaliknya tekanan
yang kecil dihasilkan dari gaya yang kecil. Dari pernyataan di atas dapat
dikatakan bahwa tekanan sebanding dengan gaya.
Tekanan
pada udara dipengaruhi oleh ketinggian. Semakin dekat ke permukaan bumi,
tekanan udara semakin tinggi dan semakin jauh dari permukaan bumi tekanan
udara semakin kecil. Tekanan udara muncul sebagai akibat berat partikel udara
yang tertarik oleh gaya gravitasi bumi. Jika gaya tarik terhadap partikel
hilang, maka partikel udara akan terbang ke luar angkas dan bumi tak memiliki
atmosfer. Alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara adalah barometer.
|
Dapat
menjelaskan pengertian tekanan
Melakukan
uji pengamatan tekanan di udara
|
Uraian
Uji
petik kerja produk
|
Tertulis
Tertulis
|
1
Apa yang dimaksud dengan tekanan?
1.
Apa yang terjadi pada air, gelas dan karton?
Mengapa demikian!
|
tekanan
adalah gaya yang bekerja pada permukaan benda tiap satuan luasnya.
Air
tidak akan tumpah dalam beberapa saat. Karena ada tekanan udara yang menekan
kertas ke atas yang besarnya lebih besar dibandingkan dengan tekanan yang ada
di dalam gelas. Diantar air dan kertas tidak terdapat udara, yang
mengakibatkan air akan tertahan di atas karton. Namun apabila kertas karton
tersebut basah karena kertas itu mampu menyerap air, maka lama kelamaan
karton tersebut akan basah dan akan mengakibatkan permukaan kertas tidak rata
yang tidak mampu menahan air di atasnya
|
30
70
|
Format penilaian
I
Format Penilaian Karakter dalam Kelas
No
|
Nama
Siswa
|
*Karakter yang dinilai
|
|||||||||||||
Rasa hormat
|
Menyumbang ide
|
religius
|
Menyimak
|
Uji diri
|
menghormati
|
disiplin
|
Berfikir kritis
|
Percaya dirri
|
Tanggung jawab
|
ketelitian
|
Tidak putus asa
|
aktif
|
menghargai
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
** keterangan :
BT = Belum Terlaksana (X)
ST = Sudah Terlaksana (Ö )
Format
Penilaian II
Pemahaman
dan penerapan konsep (kognitif)
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
Skor
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
aspek yang dinilai :
A=
Kemampuan menyampaikan pendapat/ide
B= kemampuan menyampaikan informasi
C=
Kemampuan mengajukan pertanyaan
D=
Kemampuan mengajukan argumentasi untuk menolak pendapat teman
E=
Kemampuan peserta didik untuk menyelesaikan tes tulis yang diberikan.
Cara
penilaian: 1 =Sangat kurang 4 =baik
2
=kurang 5
=sangat baik.
3 = cukup
Nilai
= x 100 %
*Nilai
maksimun = 100
Format
Penilaian III
Penilaian
Afektif
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: 1 = Tidak terlambat 4 =Membawa catatan
2 =Santun dalam berkomunikasi 5 =kejujuran
3 =Mengerjakan latihan
Cara
penilaian: 1 =Sangat kurang 4 =baik
2
=kurang 5
=sangat baik.
3 = cukup
Nilai
= x 100 %
*Nilai maksimun = 100
Format
Penilaian IV
Penilaian
Psikomotor
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 1 =
Menjawab pertanyaan
4 =Tepat waktu menyelesaikan tugas
2 =Memberikan tanggapan 5 = Memberikan pendapat.
3 =Bertanya
Cara
penilaian: 1 =Sangat kurang 4 =baik
2
=kurang 5
=sangat baik.
3 = cukup
Nilai
= x 100 %
*Nilai maksimun = 100
Bandung,
26 Desember 2011
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Yudi Dirgantara,M.pd Evi
Mulyati Pertiwi
NIP
: 19671215994031006 NIM
: 1209207023
Lampiran
Tekanan
Udara
Tujuan
: menyelidiki proses tekanan udara
Alat
dan bahan : 1. Kertas karton (1 lembar)
2
Air ( secukupnya)
3
Gelas (1 buah)
Langkah-langkah
kegiatan :
2.
Persiapkan
alat dan bahan
3.
Masukin air ke dalam gelas secukupnya.
4.
Letakan sebuah karton di atas gelas.
4.
Balikan
gelas ke bawah, dan lepaskan tangan dari kartu
5.
Amati apa yang terjadi pada air, gelas
dan katon tersebut! Mengapa demikian?
Pertanyaan :
1.
Apa yang terjadi pada air, gelas dan
karton? Mengapa demikian!
2.
Apa yang dimaksud dengan tekanan?
Jawaban
:
1. Air
tidak akan tumpah dalam beberapa saat. Karena ada tekanan udara yang menekan
kertas ke atas yang besarnya lebih besar dibandingkan dengan tekanan yang ada
di dalam gelas. Diantar air dan kertas tidak terdapat udara, yang mengakibatkan
air akan tertahan di atas karton. Namun apabila kertas karton tersebut basah
karena kertas itu mampu menyerap air, maka lama kelamaan karton tersebut akan
basah dan akan mengakibatkan permukaan kertas tidak rata yang tidak mampu
menahan air di atasnya.
2. Tekanan
adalah gaya yang bekerja pada permukaan benda tiap satuan luasnya.
0 komentar:
Posting Komentar