mah... mamah....


Mamah......
Semua orang yang kenal sama mamah,, ternyata mereka pada sayang mamah.
Neng sebel mah, kenapa orang lain bisa lebih tau tentang mamah , tp neng anaknya sendiri ga tau apa-apa soal mamah.
Teteh dan aa juga lebih beruntung dari pada neng... mereka hidup lebih lama bersama mamah. tapi neng hanya 8 tahun mah.....
Tiap neng di ajak mudik ke Panawangan sama apa, orang-orang yang tau kalo neng itu anak mamah dan apa, pasti mereka pada meluk neng, eraaaat banget mah. Mereka pada nangis....
Awalnya neng bingung kenapa orang-orang gitu. Tapi sekarang neng tau, ternyata mereka ga mau kehilangan mamah.
Mereka merasa sangat kehilangan,,, banyak pengalaman yang mereka lalui sama mamah. Sehingga mereka bisa cerita panjang lebar soal mamah. Kata orang, mamah itu shalehah banget... mamah baik, mamah cantik, mamah sosok ibu yang penyayang,, sosok anak yang berbudi,, sosok murid yang pandai,, sosok teman yang peduli,,ga ada kata cape dalam hidup mamah. pokoknya semua kebaikan ada pada mamah.””itu kata orang””
Tapi neng gak inget banyak sama mamah... neng gak inget mah...neng ga tau apa-apa. neng ga bisa mendeskripsikan mamah itu gimana. neng ga tau mah!!!
Neng cm inget kesalahan-kesalahan neng sama mamah... Tapi neng gak inget masa-masa indah bersama mamah......  Yang paling sedih, Neng belum bisa minta maaf ke mamah......
Mamahhhh neng kangen... L
Mamah,,, maaf.....
Neng belum bisa jadi Hafidzah... neng terlalu menyia-nyiakan waktu.....
Tapi neng janji,, mulai sekarang neng mau ngehafal Qur’an lagi. Biar khatam 30juz.... Mudah-mudahan bisa jadi tiket ke syurga buat mamah....
Maaf juga mah...
Neng belum bisa jadi anak shalehah,, maaf neng bandel mah.... maaf  neng belum bisa ngebahagiain mamah sama apa...
Mah,,, neng takut.. kenapa orang-orang yang sayang sama neng, pada ninggalin neng. neng bingung mah,, harus pada siapa neng mengadu... nyi Ratih,, ema,, aki,, Ua eman,, dan masih banyak lagi..
Neng takut,,, nanti cp yang akan sayang sama neng????? sekarang hanyalah apa yang mencintai setulus hati, mah....
Neng rindu sosok ibu seperti mamah... Mamah.....................................................
Neng pengen ketemu,, walau dalam mimpi mah!!!!!
kenapa mamah ga pernah jenguk neng?? mamah sebel ya ke neng, gara-gara neng bendel.
Mah,, mamah,, mamah dimana???
neng inget detik-detik terakhir sebelum mamah ditutup sama kayu, n di kubur sama tanah. neng inget mah, waktu itu neng ngelempar bulatan tanah ke tubuh mamah, dan setelah itu bapak-bapak mulai nutup badan mamah dengan tanah. neng tau kalo waktu itu, detik terakhir neng ngeliat mamah. Tapi ga tau kenapa mah, dari kecil neng ga bisa nangis depan orang. neng pura-pura bego aja, pura-pura ga ngerti. Padahal hati neng nangis mah!!!!! Cuma neng ga mau nangis depan orang.
Mamah tau ga,,, beberapa jam sebelum mamah ga ada, neng, teteh, sama ikbal pada mencret. neng bilang ke teteh, klo nanti sore pengen ketemu mamah. pegen di obatin mencret neng sama mamah. Tapi Allah punya rencana lain ya mah,,,
Neng nyesel, kenapa pas terdengar dentuman kerasssss banget, kenapa neng ga keluar?? kenapa neng ga pengen liat?? kenapa neng malah bilang ke teteh,, “teh paling ge mobil puso ban na bitu”, yang akhirnya neng ga keluar liat ke jalan. Tapi beberapa menit kemudian, kenapa ada suara ramai di depan rumah. pas diliat,, Ternyata mamah lagi dogotong sama apa dan orang-orang....
mamah lagi sekarat waktu itu,,, tapi kenapa neng ga mau ngeliat mamah. neng malah masuk kamar, dan nangis sejadi-jadinya... Padahal itu detik-detik terakhir hidup mamah... NENG BODOH pisanya mah L
Hapunten neng mah,,,, padahal mamah manggil-manggil nama neng. Tapi neng tetep ga mau ke teras rumah ngeliat mamah yang udah ga berdaya.
Neng takut mah waktu itu.. neng masih kelas 2 SD. Tp neng ngerti, kalo mamah kecelakaan. dan mamah bisa meninggal. Jadi neng takuttttttttttttt..............................
Setelah mamah di bawa ke rumah sakit pun, neng tetep ga mau deket-deket mamah. soalnya neng takut mamah pergi,,, apalagi neng ngeliat orang yang ngebunuh mamah (c TNI goblok itu), jadi neng tambah takut.
sampai akhirnya mamah ga adaaaa.............. Neng nyesel, ga nemenin mamah di saat mamah sakarotul maut...
Tapi neng bangga sama mamah,, di detik-detik terakhir,, Allah memberika kesadaran pada mamah untuk mengucapkan kata-kata terakhir ke apa (padahal kalo neng ada di situ, pasti mamah sempet manjain neng walau sedetik), di detik-detik terkhir mamah bilang ke apa “pak, hapunten mamah. sareng titip barudak”. Itu kata-kata terakhir mamah, belum juga apa jawab, mamah udah ga sadar lagi. Dan beberapa menit kemudian, mamah ga ada...................... LLLLLLLLLLLLLLLL
Ya Allah diriku bagai disambar petir waktu itu, tapi entah kenapa Allah menciptakan aqu sekuat baja. Sehingga aku bisa bersandiwara di atas kesedihan yang tak terbendung. aku pura-pura ga ngerti, aku so tegar, aku ga nangis, aku liat apa lemes sambil nangis, aku liat orang-orang pada nangis, aku cm berdiri sendiri di depan pintu UGD RS Ciamis. Selang beberapa menit, teteh datang dari warung, soalnya tadi teteh disuruh sama sodara beli air buat apa, biar apa aga tenang. Pastinya teteh belum tau mamah udah pergi... dari jarak 10 meter udah keliatan teteh lari-lari, setelah teteh mendekat dengan santainya aku bila “teh, mamah tos maot...”.......
teteh langsung lari meluk mamah,,, teteh langsung nangis,, bahkan sampai pingsan. tapi aku masih berdiri di tempat tadi, yaitu depan pintu UGD sambil menatap orang-orang berkeliaran. aku sedih, tapi aku ga bisa ngeliatin kesedihan ke orang-orang.Orang-orang pasti bilang klo aku IDIOT. soalnya aku udah kelas 2 SD, seharusnya ga tolol-tolol amat lah, ngerti lah mama nya meninggal.
Sebenernya aku ngerti woooooyyy sodara-sodara,,, tp ga tau kenapa aku ga bisa nangis depan orang.


Setelah dilakukan perundingan yang matang, akhirnya mamah akan di bawa ke kampung halamanya. Yaitu di Panawangan. Mamah dimasukin ke ambulance, aku duduk di kursi depan dekat supir. di tengah-tengah perjalanan, aku pura-pura bobo. padahal aku nangisss........
Masuk daerah Panawangan,, sirine ambulance di bunyikan. warga-warga pada penasaran siapa yang meninggal. maklum dulu Panawangan kampung banget, jadi masih jarang telpon rumah apalagi hp. jadi, keluarga di Panawangan ga ada yang tau kalo hari itu akan ada jenazah yang diantarkan. Setelah warga-warga tau ternyata jenazah yang ada di mobil ambulans itu mamah,, mereka pada nangis dan langsung bersiap-sipa ke rumah nenek.
Jenazah sampai di rumah nenek. Para pelayang datang berbondong-bondong. banyyyaaaaaakkkkkkk banget.... aku duduk dipinggir jenazah mamah... aku disuruh nyium kedua pipi mamah sama apa. dan aku lakukan itu. karena aku tau, itu adalah ciuman terakhir dariku untuk mamah.
Masalah timbul,, ternyata apa lupa ga ngasih tau AA yang sekolah di Bandung. terpaksa ada orang yang pergi ke kota, unk menyuruh Aa pulang ke panawangan.
Pemakaman ga akan dilakukan sebelum aa datang. tapi hari sudah semakin sore, akhirnya dengan berat hati, mamah akan di kebumikan jam 17.30 .
Setelah mamah di bawa ke pemakaman,,, ternyata aa sampai. Alhamdulilah aa bisa melihat wajah mamah yang terakhir. Maka sebelum di turunkan ke tanah, kain kafan mamah yang menutupi wajah dibuka dulu, dengan alasan agar AA bisa mencium wajah mamah untuk yang terakhir. Pada saat itu,, banyak orang yang melihat wajah mamah sangat bercahaya, seperti ada sinar dari wajahnya,”..Setelah itu proses pemakaman dilakukan. aku bingung harus cerita pada siapa waktu itu,, aku ingin bilang kepada semua orangkalo  aku sedih ditinggal mamah, tapi aku tak melakukan hal itu.
Jenazah mamah di hadapkan ke kiblat. Haaaa..... dalam hati aku bertanya-tanya,,, “kenapa kepala mamah berdarah???? akhirnya kain kafan tepat di kepalanya basah oleh darah”. Setelah aku berpikir, ternyata aku ingat “kalo mamah kan lukanya di otak” otak kecil mamah pecah L
maka kecil kemungkinan untuk selamat waktu itu.
Tanggal 1 Oktober 2000, itulah hari paling bersejarah. hari terakhir aku melihat orang yang paling berjasa dalam hidupku. Tepatnya hari ahad.
Sayang 2 hari yang lalu, sebelum mamah pergi, aku ga ketemu. tepatnya hari jum’at, sabtu, mamah dan apa ga pulang ke rumah.
Jadi hari terakhir aku ketemu mamah yaitu hari kamis. Yang aku ingat, waktu aku mau pulang ke rumah, mamah ga biasanya nyusul pengen nganterin aku sampai naik angkot. mamah maksa pengen liat aku nyampe naik angkot, tapi aku berusaha sekuat tenaga ngelarang mamah buat nganterin aku ke pinggir jalan buat naik angkot. Dengan alasan aku sayang mamah,,, aku ga mau mamah cape (padahal deket banget ke pinggir jalan itu), juga aku ga mau pelanggan-pelanggan mamah pergi, gara-gara mamah ga ada di toko. Dan akhirnya dengan wajah sedih, mamah pulang lagi ke toko. Tapi aku seneng waktu itu, soalnya aku berhasil ga ngerepotin mamah.
Tapi sekarang aku nyesel,,, itu mungkin keinginan mamah terakhir padaku,, tapi aku ga ngabulin permintaan mamah. mamah mamah maafffff L
Jujur,, Aku kangeeeeeen saamaa mamah..................................................................................

Mudah-mudahan mamah bahagia di alam sana...
i love you mam....
Jiwamu,,, namamu,,, Kebaikan mu,,, akan selalu ada di hati semua orang J

“”””khususon illa Ummi Hj Mimi Rukimi,, “”allohumagfirlaha war hamha wa a’fihy wa fu anha, wa akrim nujulaha wa wa’syi madholaha bil ma’i wa salji wal barodi...
allohuma la tahrimna azroha waala taftina ba’daha wagfirlana walaha.. wal ladzina sabaqu na bil iiiman wala taz’al fi kulubina ilaladzi na amanu inaka antal ghofururohim....
                                                al-Fatihah

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pertiwy^Qu © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects